-->

Struktur kurikulum dan Kelas TPQ

Struktur kurikulum TPA ini meliputi inti pembelajaran yang dilewati pada jenjang pendidikan untuk 3 tahun atau dalam enam semester. Pa...

Pemetaan Zona 4 Mazhab di Dunia



Kenapa kita di Indonesia kok pada bermazhab Syafi'i, benarkah ada mazhab selain Syafi'i di Indonesia? Berikut Zona atau Mazhab di Dunia secara umum menurut Ustad Sarwat :
1. Zonasi Mazhab Hanafi
Seandainya Anda tinggal di India, Pakistan, Turki, China dan sekitaran bekas khilafah Turki Utsmani, pasti lah Anda bermazhab Hanafi.
Alasannya karena semua guru fiqih yang tinggal di negeri itu, rata-rata memang bermazhab Hanafi. Khilafah Turki memang bermazhab Hanafi
2 Zonasi Mazhab Maliki
Kalau kebetulan Anda lahir dan tinggal di Libya, Tunisia, Aljazair, Maroko dan Andalusia (Spanyol), pastilah Anda bermazhab Maliki.
Alasannya karena para ulama di sekitaran Afrika Utara itu dulunya pada ngaji kepada Imam Malik. Mereka bermazhab Maliki dan wajar kalau para muridnya hingga hari ini bermazhab Maliki.
3. Zonasi Mazhab Syafi'i.
Indonesia, Malaysia, Brunai, Thailand, Singapura dan sekitaran Asia Tenggara memang zonasi mazhab Syafi'i yang murni. Maksudnya murni tanpa tercampur dengan keberadaan mazhab-mazhab lain.
Sedangkan Mesir, Iraq, Suriah, Yaman, Saudi dan sekitarannya meski banyak ulama bermazhab Syaf'i, namun tidak bisa dipungkiri keberadaan mazhab lain.
4. Zonasi Mazhab Hambali
Saudi Arabia dikenal sebagai negeri yang secara resmi mengendors mazhab Hambali. Bukan apa-apa, kalau tidak akan ada pemerintah Saudi, boleh jadi mazhab Hambali sudah hilang ditelan zaman.
Kurikulum pendidikan resmi negara itu memang dibangun di atas fiqih mazhab Hambali. Pengajian dan majelis taklim yang resmi memang bermazhab Hambali.
Kita berterima kasih kepada penguasa Saudi yang berjasa menjaga mazhab ini dari kepunahan.
* * *
Dengan adanya peta zonasi seperti ini, tiap kita harus mengerti situasi. Jangan lah misalnya kita di Saudi malah melecehkan mazhab Hambali. Begitu juga di Indonesia kok malah memaki mazhab Syafi'i.
Sebenarnya melecehkan dan mencemooh mazhab lain itu terlarang dan haram, dimana pun kita berada.
Ahmad Sarwat, Lc., MA
Note
Di Indonesia ini kalau bicara ilmu fiqih yang betulan, pastinya mazhab Syafi'i. Tidak mungkin ada orang di Indonesia kok ujug-ujug bermazhab Hanafi, Maliki atau Hambali kecuali diajar oleh guru yang dulunya pernah tinggal atau belajar di negara yang mayoritasnya bukan Syafi'i.

0 Response to "Pemetaan Zona 4 Mazhab di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel